Rabu, 26 Oktober 2016

Kebijakan dan Perencanaan Sistem

Nama                  : Dian Islami
NIM                    : 1600330014
Prodi                   : D3MI


 Kebijakan dan Perencanaan Sistem

v   Kebijakan dan perencanaan Sistem

       Kebijakan sistem merupakan landasan dan dukungan dari manajemen puncak untuk membuat perencanaan sistem. Sedangkan Perencanaan Sistem adalah proses membuat sebuah Laporan Perencanaan Sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi. Dengan perencanaan dan kebijakan pengembangan sistem oleh manajemen puncak (top manajer), sistem akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.Dalam pengembangan sebuah sistem informasi diperlukan adanya perencanaan dan kebijakan sistem.  
Ø  Kebijakan Sistem
Kebijakan untuk mengembangkan sistem dilakukan oleh manajemen puncak, karena manajemen menginginkan untuk meraih kesempatan yang ada yang tidak dapat diraih oleh sistem yang lama. Partisipasi dan keterlibatan manajemen masih diharapkan utk keberhasilan sistem yang akan dikembangkan, dengan dibentuk tim penasihat (komite pengarah), yang terdiri dari wakil-wakil pimpinan dari masing-masing departemen pemakai sistem (manajer divisi), yang diketuai oleh direktur utama. Tugas komite pengarah:
1.    Mengkaji, menyetujui, merekomendasi yang berhubungan dengan perencanaan sistem.
2.    Mengkoordinir pelaksanaan  sistem sesuai dengan rencana
3.    Mengawasi kemajuan proyek proyek sistem
4.    Menilai kinerja dari fungsi-fungsi sistem yang telah dikembangkan.
5.    Memberikan saran dan petunjuk terhadap sistem yang sedang dikembangkan. 


Ø   Perencanaan Sistem
Setelah adanya kebijakan pengembangan sistem dari manajemen puncak, sebelum sistem dikembangkan, perlu direncanakan terlebih dahulu. Perencanaan sistem menyangkut estimasi dari kebutuhan fisik, tenaga kerja, dan dana yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan sistem dan mendukung operasinya setelah diterapkan. Perencanaan sistem ditangani oleh staf perencana sistem. Contoh struktur organisasi yang mempunyai staf perencanaan sistem sendiri.






v    Proses Perencanaan Sistem

              Proses perencanaan sistem dibagi dalam 3 proses utama yaitu:
             
        1.  Merencanakan proyek-proyek system yang di lakukan oleh staf  perencanaaa system meliputi:

a.   Mengkaji tujuan, perencanaan strategi dan taktik perusahaan
b.   Mengidentifikasi proyek-proyek sistem
c.   Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem
        d.   Menetapkan kendala proyek-proyek sistem
e.   Menentukan prioritas proyek-proyek sistem
f.    Membuat laporan perencanaan system

2.     Mengmebangkan  proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan, meliputi:

a.   Menunjuk team analis
b.   Mengumumkan proyek pengembangan system

3.     Mendefinisikan proyek-proyek dikembangkan, meliputi:

a.  Mengidentifikasi kembali ruang lingkup dan sasaran proyek sistem.
b.   Melakukan studi kelayakan
c.   Menilai kelayakan proyek sistem
d.   Membuat usulan proyek sistem
e.   Meminta persetujuan manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar