Nama : Dian Islami
NIM : 1600330014
Prodi : D3MI
Kebijakan dan Perencanaan Sistem
v
Kebijakan dan perencanaan Sistem
Kebijakan
sistem merupakan landasan dan dukungan dari manajemen puncak untuk membuat
perencanaan sistem. Sedangkan Perencanaan Sistem adalah proses membuat sebuah
Laporan Perencanaan Sistem yang menggunakan sumber sistem informasi yang
berhubungan dan mendukung tujuan bisnis dan operasi organisasi. Dengan
perencanaan dan kebijakan pengembangan sistem oleh manajemen puncak (top manajer),
sistem akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.Dalam pengembangan sebuah
sistem informasi diperlukan adanya perencanaan dan kebijakan sistem.
Ø Kebijakan
Sistem
Kebijakan
untuk mengembangkan sistem dilakukan oleh manajemen puncak, karena manajemen
menginginkan untuk meraih kesempatan yang ada yang tidak dapat diraih oleh
sistem yang lama. Partisipasi dan keterlibatan manajemen masih diharapkan utk
keberhasilan sistem yang akan dikembangkan, dengan dibentuk tim penasihat
(komite pengarah), yang terdiri dari wakil-wakil pimpinan dari masing-masing
departemen pemakai sistem (manajer divisi), yang diketuai oleh direktur utama. Tugas
komite pengarah:
1. Mengkaji,
menyetujui, merekomendasi yang berhubungan dengan perencanaan sistem.
2. Mengkoordinir
pelaksanaan sistem sesuai dengan rencana
3. Mengawasi
kemajuan proyek proyek sistem
4. Menilai
kinerja dari fungsi-fungsi sistem yang telah dikembangkan.
5. Memberikan
saran dan petunjuk terhadap sistem yang sedang dikembangkan.
Ø Perencanaan Sistem
Setelah
adanya kebijakan pengembangan sistem dari manajemen puncak, sebelum sistem
dikembangkan, perlu direncanakan terlebih dahulu. Perencanaan sistem menyangkut
estimasi dari kebutuhan fisik, tenaga kerja, dan dana yang dibutuhkan untuk
mendukung pengembangan sistem dan mendukung operasinya setelah diterapkan.
Perencanaan sistem ditangani oleh staf perencana sistem. Contoh struktur
organisasi yang mempunyai staf perencanaan sistem sendiri.
v Proses Perencanaan Sistem
Proses
perencanaan sistem dibagi dalam 3 proses utama yaitu:
1. Merencanakan proyek-proyek system yang
di lakukan oleh staf perencanaaa system meliputi:
a. Mengkaji tujuan,
perencanaan strategi dan taktik perusahaan
b. Mengidentifikasi
proyek-proyek sistem
c. Menetapkan sasaran
proyek-proyek sistem
d. Menetapkan kendala proyek-proyek sistem
e. Menentukan
prioritas proyek-proyek sistem
f. Membuat laporan
perencanaan system
2. Mengmebangkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan,
meliputi:
a. Menunjuk team analis
b. Mengumumkan proyek pengembangan system
3. Mendefinisikan proyek-proyek dikembangkan,
meliputi:
a. Mengidentifikasi
kembali ruang lingkup dan sasaran proyek sistem.
b. Melakukan studi kelayakan
c. Menilai kelayakan proyek sistem
d. Membuat usulan proyek sistem
e. Meminta persetujuan manajemen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar